Berbekal Ilmu Pelatihan, 278 Petugas ST Sinjai Siap Turun ke Lapangan

oleh -321 x dibaca
Foto: Kepala BPS Kab. Sinjai bersama para petugas ST saat pembukaan pelatihan di Makassar

MAKASSAR, TRIBUNBONEONLINE.COM–Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan siap melaksanakan Sensus Pertanian (ST) Tahun 2023 yang rencananya akan dimulai 1 Juni.

Sebanyak 278 petugas ST telah disiapkan dan diberikan pelatihan dalam dua gelombang di salah satu hotel di Kota Makassar mulai 23 – 29 Mei.

Kepala BPS Kabupaten Sinjai, Arief Miftahudin mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan ST adalah untuk menyediakan data struktur pertanian sampai unit administrasi terkecil, yang digunakan sebagai tolok ukur statistik pertanian, serta menghasilkan kerangka sampel untuk survei pertanian lanjutan.

BACA JUGA:  Pastikan Kesiapan Pengamanan, Ini Yang Dilakukan Danyon C Pelopor
Foto: Para Petugas ST Kab. Sinjai saat mengikuti pelatihan di salah satu Hotel di Makassar.

“Petugas terlatih ini akan mengunjungi semua keluarga dari rumah ke rumah untuk daerah konsentrasi pertanian. Sedangkan di wilayah bukan konsentrasi, hanya rumah tangga usaha tani yang didatangi,” jelas Arief.

Lebih lanjut Arief menjelaskan bahwa SR sangat berperan dalam menopang prmbangunan pertanian yang berkelanjutan. Data BPS menunjukkan sektor pertanian, kehutanan dan perikanan menyumbangkan 45,69 persen Produk Domestik Regional Bruto di Kabupaten Sinjai senilai Rp13,53 triliun atas dasar harga berlaku tahun 2022. Sektor ini merekrut 54,78 persen dari total pekerja pada Agustus 2022.

BACA JUGA:  HMI Demo 1 Tahun Bupati Sinjai yang Dinilai Gagal

Arif pun berharap agar pelaksanaan ST 2023 dapat berjalan sukses dengan dukungan masyarakat agar menghasilkan data berkualitas.

“Kami harap responden jujur memberi keterangan kepada petugas sensus, agar menghasilkan data berkualitas,” harap Arief. (Lina Sarfina)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.