UPT SDN 14 Biru Teguhkan Diri Jadi Sekolah Inovasi

oleh -229 x dibaca
Foto : Tim penilai lomba Sekolah Inovasi saat berkunjung di UPT SDN 14 Biru Kecamatan Tanete Riattang.

UWATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM–Sekolah Dasar Negeri (SDN) 14 Biru yang berlokasi di Jl. A. Massakirang, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone terpilih mengikuti lomba Inovasi Sekolah 2023.

Foto bersama Tim penilai lomba Sekolah Inovasi dengan warga sekolah saat kunjungan observasi di UPT SDN 14 Biru Kecamatan Tanete Riattang.

Kesiapan UPT SD Negeri 14 Biru mewakili Kecamatan Tanete Riattang dalam event tahunan itu terlihat setelah rombongan tim penilai mengunjungi sekolah tersebut, Jum’at (25/11/2023).

Ketua tim penilai lomba Sekolah Inovasi Rahma, M.Pd mengatakan, kegiatan ini merupakan program Dinas Pendidikan Kabupaten Bone yang digelar setiap tahun diikuti 27 Kecamatan.

“Lomba Inovasi Sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kwalitas kesehatan warga belajar di sekolah dan efeknya berlanjut kepada peningkatan kwalitas pembelajaran atau mutu pendidikan sekolah itu, karena jika sekolah bersih warga sekolahnya juga sehat, pembelanjaran bisa lancar sehingga akan berdampak pada kegiatan pembalajaran,” jelasnya.

BACA JUGA:  Gelar Sosialisasi Implementasi K13 PAUD
Foto : Tim penilai lomba Sekolah Inovasi saat melakukan observasi di UPT SDN 14 Biru.

Lanjut Rahma menjelaskan bahwa, ada 4 kategori penilaian Sekolah Inovasi yaitu 1. Program tindakan dan kurikulum, 2. Sarana dan prasarana, 3. Sosialisasi PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat). 4. Inovasi sekolah, dimana yang ke empat indikatornya adalah inovasi kepala sekolah, guru, murid dan prestasi-prestasi yang pernah diraih tahun 2023 maupun tahun sebelumnya.

“Jadi beberapa indikator penilaiannya adalah adanya hal baru yang dilakukan seperti inovasi, kreativitas sekolah yang berbeda dari sekolah lainnya dan menjadi ciri khas sekolah itu,” ungkap Rahma.

Sementara itu Kepala UPT SD Negeri 14 Biru Nurhaeni, S.Pd mengatakan, persiapan mengikuti lomba ini hanya dua minggu dari pagi sampai malam.

BACA JUGA:  Menggiatkan Generasi Muda Desa Dengan Mengolah Limbah Sekam Padi Kombinasi Daun Bambu Sebagai Pupuk Kalium Silika Melalui PKM-PM Oleh Tim Mahasiswa UNIM Bone
Foto : Tim penilai lomba Sekolah Inovasi Sri Jumiati, S.Pd (Kasi Kesiswaan) Bidang SD Disdik Bone didampingi guru dan pengawas sedang melakukan observasi di setiap ruang kelas.

“Sekolah ini betul-betul seperti disulap karena persiapannya hanya dua minggu harus bersih, indah dan semua inovasi kita harus tampilkan dan kami bersyukur karena ada teman-teman warga sekolah yang membantu tanpa mengenal lelah mempersiapkan mengikuti lomba ini,” ungkap Nurhaeni.

Perlu diketahui UPT SDN 14 Biru adalah salah satu sekolah terbaik yang pernah mendapat penghargaan Adiwiyata Nasional beberapa tahun lalu.(Sugianto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.