KENALKAN SANDI MELALUI SMAPHORE

oleh -96 x dibaca
Suasana Pemberian Materi

TANETE RIATTANG TIMUR, TRIBUNBONEONLINE.COM–Latihan rutin gerakan pramuka gugus depan UPT SD Inpres 12/79 Lonrae Kecamatan Tanete Riattang Timur minggu ini adalah pendalaman tentang Smaphore, Jumat (10/11/23)

Smaphore adalah salah cara mengirim dan menerima informasi jarak jauh menggunakan kombinasi posisi ke dua tangan. Agar mudah dilihat, kedua tangan memegang suatu benda yang paling sering digunakan saat ini memegang bendera semaphore berbentuk persegi dengan ukuran 45 cm x 45 cm, Bendera tersebut disusun dari 2 buah segitiga siku-siku dengan warna merah dan kuning. Warna merah selalu berada dekat dengan tangkai bendera.

BACA JUGA:  Perkuat Silaturahmi Pihak Sekolah dengan Orang Tua Murid, SDIT Al Amir Fil Jannah Gelar Seminar Parenting

Pembina pramuka SD Inpres 12/79 Lonrae Ka’ Irdam Idrus, S.Pd.Gr, mengatakan Hingga era modern saat ini, smaphore masih digunakan oleh berbagai pihak, termasuk Pramuka. Karena smaphore merupakan salah satu bagian dari Teknik Kepramukaan yang diajarkan mulai dari golongan Penggalang.

Sebagai pembina Pramuka ujar Ka’ Irdam Idrus, S.Pd.Gr, ia mencoba untuk membangkitkan lagi semangat anggota pramuka dalam setiap latihan, dengan memberikan materi yang menarik tentang kepramukaan dan diselingi dengan hiburan seperti permainan saling tebak menggunakan smaphore ini.

“Saya yakin dengan cara ini semua akan senang dan terhibur. Selain itu ilmu untuk mengetahui sandi-sandi dalam Pramuka sangat bermanfaat bagi peserta didik,”ujarnya. (Anchy Matho)

BACA JUGA:  Lapuk, Pagar SLBN 1 Bone Butuh Perhatian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.