Usia Maksimal 50 Tahun, Syarat Menjadi Anggota KPPS

oleh -173 x dibaca
Para Komisioner KPU Sinjai saat menghadiri rakor rutin PPK-PPS Kecamatan Sinjai Utara

USINJAI, TRIBUNBONENLINE.COM–Menjelang pelaksanaan Pesta Demokrasi Pemilihan Umum Tahun 2024, segala hal yang mendukung suksesnya Pemilu sedang dipersiapkan oleh KPU Sinjai termasuk rencana perekrutan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Meski belum ada jadwal pasti terkait perekrutan namun KPU Kabupaten Sinjai mulai mempersiapkan hal itu.

Di hadapan para anggota PPK dan PPS se-Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Rabu (01/11/2023) malam, Komisioner Kordiv Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sinjai, Awaluddin meminta agar dalam perekrutan anggota KPPS memperhatikan aturan yang ada, salah satunya merekrut rusia maksimal 50 tahun.

BACA JUGA:  SD Yang Terletak di Daerah Pesisir Sinjai

“Mulai dari sekarang dicatat memang siapa yang kemungkinannya bisa dijadikan KPPS nanti, yang jelas usianya maksimal 50 tahun dan minimal ber KTP el,” jelasnya.

Lebih lanjut Awaluddin mengingatkan kepada PPS terkait pentingnya merekrut KPPS yang sungguh-sungguh ingin mematuhi tugas sebagai penyelenggara pemilu bukan hanya yang berpengalaman saja.

“Pengalaman lalu, itu bisa berefek masalah sebenarnya karena merekrut KPPS yang merasa pengalamannya banyak tapi menjadi kesombongan pribadi karena ketika dibimtek orang lain yang disuruh datang untuk dibimtek karena merasa sudah berpengalaman,” pesannya.

BACA JUGA:  KPMR – PMI Sambut Ramadan Dengan Baksos

Hal yang sama jika dipinta oleh Ketua KPU Sinjai, Muhammad Rusmin agar PPS dalam merekrut KPPS hendaknya memperhatikan syarat usia. Hal itu belajar dari pengalaman Pemilu sebelumnya yang didapati banyaknya penyelenggara Pemilu terutama KPPS meninggal dunia karena kelelahan dan mayoritas usia yang meninggal adalah di atas 50 tahun.

“Jadi memang teman-teman harus rela dan tegas, apa boleh buat kalau umurnya sudah lewat batas, sekalipun mungkin sudah berpengalaman (dalam kepemiluan),” jelasnya.

Seperti diketahui bahwa jumlah anggota KPPS yang akan bertugas adalah tujuh orang per TPS. Adapun jumlah TPS di Kabupaten Sinjai untuk Pemilu 2024 adalah 830 TPS yang tersebar di 80 desa dan kelurahan. (Lina Sarfina)

BACA JUGA:  Bupati Sinjai Kembali Terpapar Corona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.