SMKN 5 Bone Terapkan Sistim Pembelajaran DUDI

oleh -243 x dibaca

MARE, TRIBUNBONEONLINE.COM–SMK Negeri 5 Bone yang berlokasi di Desa Kadai Kecamatan Mare Kabupaten Bone pada salah satu sistim pembelajarannya menerapkan penguatan pembelajaran tentang Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) yang bertujuan utuk menyiapkan para lulusan dengan kompotensi yang mumpuni selaras dengan kebutuhan dan perkembangan DUDI itu sendiri.

Hal ini disampaikan Kepala UPT SMKN 5 Bone, Anzar, S.Pd, M.Si dalam sambutannya pada kegiatan penamatan dan pelepasan siswa-siswi kelas XII tahun pelajaran 2022-2023 yang dihelat pada Kamis 25 Mei 2023 kemarin.

“Penguatan pembelajaran haruslah berstandar DUDi. Yang mana para siswa belajar sesuai dengan kompotensi keahliannya dan terkait apa yang nantinya dihadapi diindustri. Ini dimaksudkan agar para siswa bisa lebih mahir dibidangnya dan nantinya mereka lebih siap bekerja diindustri khususnya pada perusahaan yang sudah melakukan MoU dengan pihak sekolah,” ucapnya.

BACA JUGA:  Mahasiswa UNIM Bone Lahirkan Bisnis Baru Melalui Inovasi Ikan Pallu Ce’la menjadi Abon Ikan Pallu Ce'la

Segenap siswa-siswi kelas XII SMKN 5 Bone yang terdiri dari empat jurusan sebelumnya telah mengikuti Ujian Kompotensi Keahlian (UKK). Yang mana pengujinya sendiri merupakan penguji eksternal dari DUDI.

“Kemitraan dengan DUDI harus dilakukan guna menyelaraskan kebijakan pendidikan vokasi yang prakteknya sejalan dengan kebutuhan industri. Peserta didik memiliki kedekatan dengan DUDI sebagai upaya guna memastikan kompotensi mereka sesuai dengan apa yang dibutuhkan DUDI. Dan inilah yang tidak dijumpai pada sistim pembelajaran sebelumnya,” imbuhnya.

Selanjutnya, Anzar berpesan kepada segenap siswa-siswi kelas XII yang kesemuanya berjumlah 203 orang untuk selalu berupaya menjaga nama baik sekolah dan keluarga dimanapun lagi berada.

BACA JUGA:  Disdik Verifikasi Sekolah Kelas Jauh

“Teruslah melangkah untuk menggapai cita-cita kalian. Jadilah anak yang berbakti pada orangtua dan keluarga yang berguna bagi masyarakat banyak. Tunjukkan etika dan akhlak yang mulia dimanapun kalian memijakkan kaki. Tetapkanlah hati dan pikiran kalian dalam kejujuran dan kebenaran, niscaya kalian akan menjadi orang-orang yang sukses dan berhasil. Selamat jalan anak-anakku, semoga Allah SWT mempertemukan kita kembali dimasa yang akan datang,” tandasnya.

Pada penamatan/pelepasan yang bertempat dihalaman SMKN 5 Bone tersebut dihadiri, Kasi PSMA & FP3DMT Cabdisdik Wiayah III Kabupaten Bone Shabiel Zakaria, S.Pd, M.Pd, Tripika Mare, segenap warga SMKN 5 Bone, tokoh masyarakat, pendidik, agama, pimpinan/perwakilan instansi, kepala desa, orangtua/wali siswa dan para undangan.(aco)

BACA JUGA:  SDIT Al Amir Fil Jannah Adakan Malam Bina Iman dan Taqwa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.