BEM Fakultas Psikologi Unibos Gelar Pelatihan Konselor Sebaya, Hasilkan Konselor Berkualitas dan Profesionalitas di Bidang Konseling

oleh -109 x dibaca
Foto : Peserta Konselor Sebaya berswafoto bersama seusai mengikuti pelatihan di Menara Bosowa Makassar, pada Ahad, (7/1/2024).

MAKASSAR, TRIBUNBONEONLINE.COM–Departemen Konseling BEM Fakultas Psikologi Universitas Bosowa kembali menghadirkan sebuah kegiatan Pelatihan Konselor Sebaya.

Pelatihan ini dilaksanakan di Menara Bosowa Makassar, pada Ahad, (7/1/2024), dengan menghadirkan pemateri Dedi Nasruddin, S.Psi., M.Psi.

Foto : Peserta Pelatihan sedang mengikuti pemberian materi dari Dedi Nasruddin, S.Psi., M.Psi Dosen Fakultas Psikologi Universitas Bosowa.

Pelatihan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap periode kepengurusan, namun kali ini agak sedikit berbeda karena sasaran kegiatan tidak hanya dalam ranah internal Fakultas Psikologi Unibos namun juga terbuka untuk seluruh mahasiswa psikologi se Kota Makassar.

Pelatihan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas layanan Konseling Sebaya yang diharapkan dapat menghasilkan Konselor yang berkualitas dan mampu memberikan layanan Konseling yang efektif kepada sesama mahasiswa.

BACA JUGA:  Representasikan Budaya Sulsel Pada Kegiatan YOUTE, Dosen FUD Pakai Baju Bodo dan Tenun Toraja

Kegiatan pelatihan Konselor Sebaya berlangsung dengan sangat seru dimulai dari pemberian pemahaman terkait Konseling Sebaya serta teknik-teknik yang digunakan, hingga roleplay antar peserta pelatihan. Kegiatan ini diikuti peserta sebanyak 31 orang yang terdiri dari Mahasiswa Psikologi se Kota Makassar.

Foto : Seluruh peserta terlihat antusias mengikuti Pelatihan Konselor Sebaya digelar Departemen Konseling BEM Fakultas Psikologi Universitas Bosowa.

Psikolog yang akrab disapa Kak Dedi juga merupakan salah satu Dosen Fakultas Psikologi Universitas Bosowa dan juga senior di BEM Fakultas Psikologi Unibos mengungkapkan harapannya untuk peserta yang telah mengikuti kegiatan pelatihan ini.

“Harapan saya untuk teman-teman yang sudah mengikuti kegiatan Konseling Sebaya agar semakin punya profesionalitas di bidang Konseling sehingga dia bisa memberikan dampak kepada masyarakat sekitar untuk membantu terkait dengan kesehatan mental di Sulawesi Selatan,” harapnya.

BACA JUGA:  Konsep Zero Waste, Ampas jadi Kompos

Sementara itu salah satu peserta dari Universitas Hasanuddin Musyrifah Mulfa mengatakan, sangat senang dan bersyukur dengan adanya kegiatan ini karena dianggap sangat bermanfaat.

Foto : Penyerahan Sertifikat diserahkan oleh Dedi Nasruddin, S.Psi., M.Psi Dosen Fakultas Psikologi Universitas Bosowa kepada peserta Pelatihan Konselor Sebaya.

“Kesan saya tentunya merasa senang dan bersyukur akan adanya kegiatan ini karena sangat bermanfaat utamanya bagi mahasiswa psikologi, saya berharap kegiatan ini akan tetap dilaksanakan sebagaimana mestinya sehingga semakin banyak mahasiswa-mahasiswa yang dapat melakukan Konseling Sebaya,” kata Musyrifah Mulfa.

Tidak hanya itu, para peserta yang berasal dari Universitas Bosowa yang telah mengikuti Pelatihan Konselor Sebaya akan diberi kepercayaan untuk menjadi Konselor Sebaya yang dinaungi oleh Departemen Konseling BEM Fakultas Psikologi Universitas Bosowa.

BACA JUGA:  Wisuda Santri Tahfidz Quran Arrayyan Tarasu

Pada kesempatan itu, Rahmat Adriansyah Arlan selaku Ketua Umum BEM Fakultas Psikologi Universitas Bosowa mengatakan, dizaman yang serba digital ini, tentunya membawa kemudahan untuk bisa saling terkoneksi. “Secara psikologis, hal ini bisa saja berdampak buruk ketika segala hal yang dilakukan oleh individu itu hanya melalui online saja tanpa adanya interaksi secara langsung. Mengingat urgensi literasi kesehatan mental di Indonesia, kami mengharapkan terciptanya Konselor-Konselor Sebaya yang secara aktif menjadi pendengar yang baik dan bermanfaat bagi sekitarnya dari kegiatan ini,” tuturnya.(*/sug)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.