Mahasiswa UNIM Bone Memotivasi Semangat Pemuda Desa dengan Mengolah Limbah Kulit Kakao Kombinasi Bekatul dan Tongkol Jagung Sebagai Pelet Pakan Ternak

oleh -152 x dibaca

PATIMPENG, TRIBUNBONEONLINE.COM–Universitas Muhammadiyah (UNIM) Bone kembali menorehkan prestasinya dengan meloloskan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sebanyak 41 proposal yang mendapatkan pendanaan dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) tahun 2023. Tujuan utama dari PKM ini adalah mendorong mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi melalui berbagai kegiatan. Salah satu tim mahasiswa yang berhasil lolos pendanaan yaitu tim dari Program Kreativitas Mahasiswa pada bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM) yang berjudul “Utilisasi limbah biomassa kakao kombinasi bekatul dan tongkol jagung sebagai pelet pakan ternak alternatif musim kemarau di Desa Pationgi”.

BACA JUGA:  Tingkatkan Minat Baca, Bhabinkamtibmas Polsek Ponre Terus Aktifkan Perpustakaan Keliling Motor Dinasnya

Adapun mitra dalam pengabdiaan ini adalah Kelompok Kerja Desa Sehat yaitu sekelompok pemuda yang berfokus pada kebersihan dan pelestarian lingkungan masyarakat. Salah satu mitra mengungkapkan bahwa selama ini bingung untuk mereduksi limbah kulit kakao, bekatul dan tongkol jagung sebab ketiga limbah ini biasanya dibuang atau dibakar begitu saja. Selain itu, mitra mengungkapkan pula bahwa selama ini para peternak di Desa Pationgi sering mengalami kekurangan pakan hijau terutama pada musim kemarau. Musim kemarau adalah periode tahunan dengan curah hujan rendah. Sehingga, ketersediaan pakan hijau berkurang dan akibatnya ternak mengalami penurunan bobot, produksi susu turun, dan gangguan reproduksi.

BACA JUGA:  Kompak, Bhabinkamtibmas Bersama Babinsa Desa Salebba Kecamatan Ponre Melayat Rumah Duka Wilayah Binaanya

Dari permasalahan itulah yang memberikan semangat untuk membagkitkan masyarakat/mitra dalam program PKM-PM. Program ini di kelola oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. PKM pengabdian kepada masyarakat memberikan wawasan luas kepada mahasiswa untuk membagi pengetahuan kepada masyarakat/mitra dalam menagani permasalahan-permasalahan yang terjadi di desa mitra. Hal ini juga menjadikan mitra lebih berinovasi dan berkreativitas dalam pengolahan limbah menjadi hal yang berguna.

Tim PKM-PM ini terdiri dari tiga mahasiswa yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Bone yang diketuai oleh Eka Ayu Lestari jurusan Pendidikan Matematika dengan anggota sebanyak 2 orang yaitu, Riska Damayanti jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga dan Irna Erviana jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. “Kelolosan ini tidak terlepas oleh dukungan dan bimbingan dari berbagai pihak yaitu, Bapak Dr. A.M. Iqbal Akbar Asfar, M.T., M.Pd, Bapak Dr. A.M. Irfan Taufan Asfar, MT., M.Pd, serta dosen pendamping kami Ibu Aisyah Nursyam, S.Pd., M.Pd,” tutupnya. (Ril)

BACA JUGA:  Bhabinkamtibmas Polsek Ponre Bersama Warga Bersihkan Material Tanah Longsor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.