Menggiatkan Generasi Muda Desa Dengan Mengolah Limbah Sekam Padi Kombinasi Daun Bambu Sebagai Pupuk Kalium Silika Melalui PKM-PM Oleh Tim Mahasiswa UNIM Bone

oleh -112 x dibaca

PATIMPENG,  TRIBUNBONEONLINE.COM–Universitas Muhammadiyah (UNIM) Bone kembali memperlihatkan diri dengan meloloskan pendanaan PKM 2023 sebanyak 41 proposal oleh kemendikbud ristiekdikti. Salah satu tim yang berhasil lolos pendanaan yaitu tim dari program kreativitas mahasiswa pada bidang pengabdian kepada masyarakat (PKM-PM) yang berjudul “Eco-Farming Sustainable Development melalui olah limbah sekam padi kombinasi daun bambu sebagai pupuk kalium silika di desa pationgi” Mitra dalam pengabdian ini adalah Karang Taruna yang memiliki visi dan misi dalam menjalankan program desa serta membantu masyarakat terkait pelestarian lingkungan masyarakat dan ekonomi produktif. Serta mengembangkan pengetahuan mitra dalam mereduksi limbah menjadi sesuatu yang berguna.

BACA JUGA:  Tim PKM-PM Mahasiswa UNIM BONE Melakukan Inovasi dari Alam, Mengubah Buah Pare sebagai Larvasida Nabati untuk Solusi Perlawanan terhadap Hama di Desa Masago

Permasalahan ini di ungkapkan dari salah satu masyarakat mengenai tumpukan limbah sekam padi yang hingga saat ini masyarakat belum pernah mengolah limbah tersebut.

Abd. Asis merupakan salah satu warga yang mengatakan bahwa tumpukan limbah ini sudah sangat banyak hingga menggunung di area penggilingan padi dan kami hanya menumpuk, membakar, dan membuangnya ke sungai dan masyarakat sangat resah akan hal tersebut dimana jika kami membakarnya polusi udara atau asap yang yang ditimbulkan sangat mengganggu warga sekitar dan jika kami membuangnya ke sungai itu juga berdampak pada ekosistem laut yang ada di sungai.

BACA JUGA:  DOSEN LB IAIN BONE BERIKAN HADIAH LEBARAN KE MAHASISWANYA

“Berdasarkan permasalah yang diungkapkan, itulah yang membuat kami bersemanat untuk membantu masyarakat melalui program PKM-PM,” Fani wulandari, Kamis 10/08/2023.

Program ini dikelola oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
PKM Pengabdian kepada Masyarakat memberikan wawasan luas kepada Mahasiswa untuk membagi pengetahuannya kepada masyarakat dalam menangani permasalahan-permasalahan yang terjadi di desa mitra. Tim ini diketuai oleh Fani wulandari jurusan Pendidikan Matematika dengan anggota sebanyak 2 orang yaitu Karmila Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Hasmariyanti jurusan Agroteknologi.

BACA JUGA:  MAS DDI Ponre Gelar Rapat Koordinasi

Kelolosan ini tidak terlepas oleh dukungan dan bimbingan dosen pendamping diantaranya Dr. Naimah, S.P., S.Pd., M.Pd, Dr. A.M. Irfan Taufan Asfar, MT., M.MPd dan Dr. A. M. Iqbal Akbar Asfar , MT., M.Pd yang tak henti-hentinya memberikan bimbingan dan arahan. (Ril/Irfan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.