Catatan: Bahtiar Parenrengi, Tribun Bone, Anda Puas Saya Senang

oleh -163 x dibaca
Bahtiar Parenrengi

Tribun Bone (TiBo), sebuah media harian lokal yang masih bertahan di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Koran yang lahir 12 tahun silam, tidak pernah di prediksi akan bertahan selama ini.

Harian TiBo yang ditangani oleh Jurnalis senior Andi Asdar ini selalu menjadi pilihan pembaca hingga kini. Walau berada ditengah serbuan medsos dan media online yang serba cepat menghadirkan berita, toh koran ini tetap menjadi pilihan pembaca.

Semenjak kelahirannya, telah menjadi sebuah koran yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Hadir dengan gaya media lokal yang unik. Hadir dengan menuruti selera pembaca dan pengiklan. Banyak memuat foto-foto yang tak bisa tampil di koran harian lainnya. Inilah sebuah kelebihan dan sekaligus menjadi pilihan karena tarif iklan bisa lebih murah.

BACA JUGA:  Polres Bone Segera Gelar Perkara Kasus Penganiayaan Oknum Anggota DPRD Sulsel

Dan disinilah kuncinya. Pimpinan semacam Andi Asdar tau persis dan membuat relasinya puas dan senang. Kandidat Doktor komunikasi Unhas ini mampu memahami kemauan relasinya. Kunci komunikasi dipegang dengan baik dan selalu membuat ruang komunikasi, Anda Puas Saya Senang.

TiBo, 14 Maret 2023 berulang tahun yang ke 12. Pantastis. Karena belum ada koran harian di Kabupaten Bone memiliki durasi terbit yang paling lama. 12 tahun bukanlah waktu yang singkat. Dan mungkin inilah makna kelahirannya di bulan Maret.

Maret, Kata ini diambil dari bahasa Belanda “Maart” yang berasal bahasa Latin “Mars” yang dipercaya sebagai dewa perang Romawi. Mars juga menjadi sebuah nama planet di Tata Surya.

Olehnya itu, TiBo yang lahir di bulan Maret diharapkan menjadi bacaan wajib warga Bone. Menjadi sebuah bacaan yang dipercaya dan penting.

BACA JUGA:  Personel Yon C Purna Bakti Diarak Keliling Bone, Danyon Ichsan: Terima Kasih Dedikasinya

Andai TiBo ini adalah seorang gadis kelahiran 14 Maret, maka dia akan berzodiak pisces di bawah pengaruh planet Neptunus.

Mengutip dari buku #LetMeTellYouAStory about Zodiac karya Alexander Thian (2021), orang yang lahir di tanggal 14 Maret termasuk ke dalam zodiak pisces di bawah pengaruh planet Neptunus. Dan secara umum, zodiak pisces adalah individu yang tertarik pada hal-hal mistik, setia, dan sering kali menghasilkan sesuatu yang tidak biasa.

Untuk itulah, kehadiran TiBo di Bone menjadi sesuatu yang penting. Harus tampil menjadi solusi bacaan yang enak di baca dan penting. Ini harus, karena TiBo berzodiak pisces, yang mengantar pembaca untuk lebih cerdas.

BACA JUGA:  PODSI Bone Siap ke Pra Porda Sulsel 2022, Begini Persiapannya

Tantangan kedepan, TiBo harus tetap memperhitungkan potensi pergeseran minat baca terhadap media cetak. Kejelian redaksi dan perusahaan sangat diharapkan. Keduanya harus lebih cerdas dan terbuka. Redaksi harus terus berkreasi, lompat dari satu ide ke ide lainnya tanpa harus kehilangan ciri ke-bone-an, yang menjunjung tinggi adatnya.

Teruslah berjalan dan tetaplah menjadi media yang memilikiu fungsi sebagai Media Informasi, Pendidikan, Hiburan, Kontrol Sosial dan fungsi Ekonomi. Saya yakin kehadiran TiBo terus dinantikan pembacanya karena beritanya diramu oleh jurnalis yang memiliki ilmu sangat memadai. Berpendidikan dan bermental yang baik, karena tau dan paham tentang jurnalistik. Tidak lahir begitu saja. Selamat memperingati hari lahir dan teruslah menjadi bacaan orang Bone. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.