Kukuhkan Empat Guru Besar, Rektor : IAIN Bone ‘Panen’ Professor

oleh -48 x dibaca

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM– Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone kembali menggelar rapat Senat Terbuka dalam rangka mengukuhkan guru besar, di Aula Utama IAIN Bone, Senin (26/12/2022).

Ada empat guru besar yang dikukuhkan yakni Prof. Dr. A. Nuzul, SH, M.Hum Guru Besar dalam bidang Ilmu Hukum, Prof. Dr. H. M. Amir HM, M.Ag, Guru Besar dalam Ilmu Tafsir Tarbawi, Prof. Dr. Abdulahanaa, S. Ag, M.HI, Guru Besar dalam Ilmu Hukum Islam, Prof. Dr. Ridhwan, S.Ag, M.Ag, Guru Besar dalam Ilmu Sejarah Hukum Islam.

BACA JUGA:  Rayakan Kelulusan, Pelajar SMP 1 Amali Bagi-bagi Takjil Kepada Pengguna Jalan

Rektor IAIN Bone Prof.Dr.H. Syahabuddin, M.Ag diawal sambutannya mengatakan, IAIN Bone panen professor.

Dengan nada bangga, ia menyampaikan, guru besar itu adalah uswah dan merupakan jenderal kampus. “Untuk mencapai guru besar, ada beberapa prinsip bugis yang harus dipegang, yakni attong, diattongangpi najaji. Yappong yaitu yappongangpa najaji. Accang, maksudnya amaccangengpa najaji dan Addoang, diaddongeppa nabbarakka,” ungkapnya dalam dialek Bugis.

Ia juga mengungkapkan, apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para guru besar yang baru saja dilantik atas kontribusi yang telah diberikan kepada kampus. Kepada dosen yang belum mencapai titik ini, Syahabuddin berpesan untuk menjadikan momen ini sebagai motivasi dan berharap tahun-tahun berikutnya IAIN Bone panen professor lagi.

BACA JUGA:  SMP 5 SibuluE Adakan Amaliah Ramadan

Bupati Bone diwakili Asisten III H.Andi Yusuf, S.IP, MH mengatakan, hari ini adalah hari kebahagiaan dan hari luar biasa.

“Ini menjadi kebanggan saya dan seluruh masyarakat Bone. Ini merupakan peristiwa yang langka dan pertama di IAIN Bone dan bahkan di Kabupaten Bone yaitu mengukuhkan empat Guru Besar,” ujar Yusuf.

Ia mengatakan, syarat menjadi professor semakin tinggi, tapi berkat semangat dan kemauan yang keras, akan terus menambah jumlah guru besar. Sebab, kata Yusuf, ini merupakan ujung tombak dalam memajukan masyarakat, bangsa dan negara khususnya di Kabupaten Bone.

BACA JUGA:  Peristiwa Pembunuhan Terekam Kamera CCTV

Ia mengajak pula untuk berkomitmen menjaga mutu akademik.

Pada kesempatan itu, keempat guru besar membacakan orasi ilmiah dan menceritakan lika-liku perjuangannya sampai meraih puncak gelar akademik tertinggi. Kisah tersebut mampu menginspirasi paraundangan.

Penulis : Ilyas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.