Diberi Nama Universitas Sipatokkong Mambo, Ternyata Ini Filosofinya

oleh -1,151 x dibaca

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM– Pada Sabtu, 24 Desember 2022, Wakil Bupati Bone Drs.H Ambo Dalle, MM telah melantik Rektor Universitas Sipatokkong Mambo beserta Jajarannya sekaligus penyerahan SK Kemdikbudristek Nomor 820/E/O/2022 tentang Izin Penggabungan Institut Sains dan Kesehatan Bone dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nusantara Lasinrang menjadi Universitas Sipatokkong Mambo (UNSIMA) oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultan Batara Drs.Andi Lukman, M.Si yang berlangsung di Lt.4 Kampus Universitas Sipatokkong Mambo Jl.Dr.Wahidin Sudiro Husodo No.75 Watampone.

Sejarah didirikan Universitas Sipatokkong Mambo berawal dari pengusulan pendirian Yayasan Sipatokkong pada 13 Desember 2006 dengan nama lembaga pendidikan yang didirikan yaitu Akademi Kebidanan Bina Sehat Nusantara (AKBID BSN) dengan membuka program studi D3 Kebidanan yang mendapat SK.no.24./D/0/2007 pada 23 Oktober 2007. AKBID Bina Sehat Nusantara Bone terus melakukan berbagai upaya peningkatan, baik kuantitas maupun kualitas kelembagaan seiring dengan dinamika tuntutan kebutuhan masyarakat dan peningkatan IPTEK. Peningkatan kualitas kelembagaan antara lain yaitu perubahan bentuk Akademi Kebidanan Bina Sehat Nusantara menjadi Institut Sains dan Kesehatan Bone (ISKB) dengan penambahan prodi S1 Gizi, S1 Biologi, dan S1 Kimia, yang mendapat izin operasional pada 30 Desember 2020. Pada tahun 2021 ISKB kembali mengajukan izin pembukaan tiga program studi baru yaitu S1 Teknik Sipil, S1 Matematika, dan S1 Administrasi Kesehatan yang mendapat izin operasional pada tahun 2022.

BACA JUGA:  Peduli Sesama, Pramuka MTsN 3 Bone Bagikan Sembako Bagi Warga Kurang Mampu

Di tahun yang sama dilakukan penggabungan PTS antara Institusi Sains dan Kesehatan Bone dan STIKES Nusantara Lasinrang Pinrang menjadi Universitas Sipatokkong Mambo (UNSIMA) dengan menambah prodi baru yaitu S1 Hukum dan S1 Manajemen, dan mendapat izin operasional sesuai SK. No.820/E/O/2020. Per tanggal 11 November 2022 terdapat tiga Fakultas di bawah naungan Universitas Sipatokkong Mambo yang terdiri atas Fakultas Kesehatan, Fakultas Sains dan Teknologi dan Fakultas Sosial.

Rektor Universitas Sipatokkong Mambo, Dr.Hj Hasnidar, S.St, M.Kes saat ditemui Tribun Bone mengatakan, Alhamdulillah perjalanan panjang dari tahun 2007 yang semula hanya Akademi Kebidanan Bina Sehat Nusantara. Kemudian tahun 2020 tepatnya 30 Desember keluar SK perubahan bentuk Institut Sains dan Kesehatan Bone dan luar biasa perjalanan 1 tahun 8 bulan dari Institut Sains Kesehatan Bone berubah menjadi Universitas Sipatokkong Mambo, ini berkat program akselerasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan program akselerasi penggabungan kampus yaitu penggabungan antara Institut Sains dan Kesehatan Bone dengan Stikes Nusantara Lasinrang Pinrang menjadi Universitas Sipatokkong Mambo, kami sangat bersyukur atas adanya hadiah tahun ini yang merupakan hadiah di akhir tahun dan hadiah tahun baru kami semoga kedepan semakin sukses semakin jaya UNSIMA bisa membenahi diri bukan yang pertama kampus Universitas tapi yang terbaik di Bone.

BACA JUGA:  KENALKAN SANDI MELALUI SMAPHORE

Rektor menjelaskan, kenapa diberi nama Universitas Sipatokkong Mambo, karena ini pembentukannya didasari atas kerjasama saling menopang antara para keluarga pengurus Yayasan Sipatokkong dan keluarga civitas akademik dari kampus kami, dan ini saling bersinergi dan saling menopang. Kemudian kenapa ada Mambonya karena ini merupakan Yayasan keluarga dari keluarga Bone dan Majene, sehingga Mambo itu Mandar, Majene dan Bone, yang ternyata dari filosofinya artinya bahwa Mambo itu matang dan bijaksana, sehingga lengkaplah sudah Yayasan Sipatokkong. “Yayasan saling merangkul, saling menopang dengan penuh bijaksana,” tuturnya.

BACA JUGA:  Dinobatkan Juara Umum, Rahmawati S.Pd Haturkan Terima Kasih

Penulis : Ilyas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.